Ostoure, Motor Unik Dari Iran


Seorang desainer asal Iran, Mohammad Reza Shojaie merancang sebuah motor beraliaran Super Naked Bike yang dijuluki Oustoure.

Dalam bahasa Persia, Oustoure diartikan sebagai Legend (legenda). Artinya sang desainer berharap rancangannya menjadi legenda dan akan dikenang sepanjang masa.

Ostoure memang tampak imajinatif. Super naked bike ini dirancang dengan keunikan tinggi. Bentuknya nyaris keluar dari patron sepeda motor yang berlaku saat ini.

Bahkan, Seandainya dilengkapi senapan mesin, Motor ini pasti mirip dengan motor dalam film Terminator Salvation.

Ostoure dengan sistem penggerak roda dua alias 2WD. Ini bukan yang pertama dalam tipe ini, tapi tipe ini adalah salah satu yang cocok untuk diaplikasi.

Meski demikian, Reza menjamin Ostoure tetap memiliki pusat gravitasi yang sempurna.

Sistem transmisi Ostoure terdiri dari dua macam. Pertama kemudi pada roda depan digerakan oleh sendi. Sistem suspensi belakang mengadopsi pegas tunggal reguler, begitu juga pada roda depan namun arahnya berlawanan.

Karena jenis suspensi di roda depan memanjang maka dimensi radiator diminimalkan dan dua tambahan kecil ditemukan di sisi sepeda di bawah bodi untuk mendukung kinerja radiator pusat.

Fitur-fitur canggih coba diterapkan pada panel indikator. Satu ditempatkan di head cover depan, dan yang lainnya adalah indikator HUD yang ditempakan pada helm.

Indikator ini telah dilengkapi dengan speaker dan sistem AC.

Untuk menghubungkan koneksi dengan motor dapat menggunakan aplikasi Bluetooth. Perintah dihasilkan dari modul yang dirancang di sisi kanan kemudi.

Uniknya setang kemudi Ostoure didesain menyerupai kemudi pesawat sehingga pengendara dapat merasakan layaknya pilot.

Didalamnya juga akan ada informasi yang akan membantu para mania tekno memahami bagaimana motor ini dikendalikan. Unik sekali bukan?mad

No comments:

Post a Comment